Pengelolaan Sampah Jadi Fokus Perhatian Bersama

IMG_1908Batam, Masalah sampah bukanlah permasalahan yang bisa dibiarkan begitu saja. Diperlukan tindakan nyata dan kerja sama dari setiap lapisan masyarakat dan bank sampah bisa menjadi salah satu solusinya. Dengan semangat inilah Marlin Agustina Rudi selaku ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam mengajak Masyarakat Kota Batam khususnya ibu – ibu PKK untuk dapat mengelola sampah menjadi produk ekonomis yang dapat dimanfaatkan. Ajakan ini disampaikan Marlin saat mengunjungi Unit Bank Sampah (UBS) Cherry, RW. 12  Perumahan Taman Cipta Asri, Kelurahan Tembesi Kecamatan Sagulung bersama TP PKK Kota Batam, Rabu (11/01).

Lebih lanjut Marlin berharap agar pengelolaan sampah ini menjadi fokus perhatian bersama sehingga dapat mengurangi masalah – masalah yang berkaitan dengan sampah. Dikatakannya, program 3 R (Reuse, Reduce, Recycle) pengelolaan sampah sangat membantu dalam mengurangi pemanasan global dan pencemaran lingkungan.

“Selain menjadikan lingkungan kita lebih bersih dan nyaman, pengelolaan sampah juga dapat menghasilkan produk – produk ekonomis yang dapat dipasarkan, ” sebut Marlin dalam sambutannya.

Beliau juga menghimbau agar masyarakat aktif mensosialisasikan Bank Sampah. Karena selain banyak manfaatnya juga memberikan dampak positif lainnya, seperti mendapatkan bantuan – bantuan dari CSR – CSR perusahan – perusahan yang ada di Batam. Dalam kunjungan ini Marlin menyaksikan proses  Penimbangan Sampah di UBS Cherry, pameran produk-produk hasil pengelolaan sampah dan Fashion Show anak-anak menggunakan bahan – bahan daur Ulang. Selain itu diadakan juga dialog dengan masyarakat Perum. Taman Cipta Asri.

Koordinator Bank Sampah Perum Taman Cipta Asri, Fitri menyampaikan bahwa tahun ini masih kurang kesadaran masyarakat untuk Program 3 R (Reuse, Reduce, Recyle). Masyarakat diwilayahnya masih dalam proses penimbangan dan mengelola sampah yang nilai ekonomisnya lebih besar. “Semoga dengan kedatangan ibu Ketua TP PKK Kota Batam ke tempat kami ini dapat memberikan motivasi untuk masyarakat khususnya ibu – ibu agar nantinya dapat lebih mengembangkan Bank Sampah dan tidak hanya melihat dari segi ekonomisnya akan tetapi juga dapat melindungi alam kita,” ujar Ny. Fitri. Kegiatan ini dihadiri Camat Sagulung, Reza Khadafi, Lurah Tembesi, Hafiz, Ketua TP PKK kecamatan, Lely Reza dan Ketua TP PKK kelurahan se kecamatan Sagulung, Wakil Ketua III TP PKK Kota Batam, Pengurus PKK Kota Batam dan sejumlah tokoh masyarakat perumahan Taman Cipta Asri. ***

IMG_1882 IMG_1883 IMG_1946 IMG_1970 IMG_1980 IMG_1992 IMG_2015 IMG_2045

Leave a Reply