20 April 2024

Tim Penggerak PKK Kota Batam

WEBSITE RESMI TIM PENGGERAK PKK KOTA BATAM

ERLITA SARI RESMIKAN POSBINDU LANSIA

2 min read

Batam, Untuk mewujudkan Tujuan Pembangunan Kesehatan Nasional, Tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang optimal serta dapat hidup produktif, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tanjung Buntung Kelurahan Bengkong Laut Kecamatan Bengkong membentuk Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Lanjut Usia (Lansia) dan Club Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di fasum YKB kelurahan Bengkong Laut. 
Peresmian dilakukan oleh Wakil Ketua I Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) kota Batam, Erlita Sari Amsakar, Jumat (29/4).    Peresmian ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng yang diberikan kepada Ketua Posbindu, Nur Ema, dan pembukaan tirai selubung nama Posbindu Sehat Bahagia.  Selain meresmikan Posbindu, masih ditempat yang sama, Erlita juga melakukan peninjauan pelaksanaan Keluarga Berencana(KB) gratis yang digelar BKKBN Provinsi Kepri bersama BP3AKB kota Batam.

Erlita  menjelaskan sedikit tentang KB. Beliau mengungkapkan bahwa KB sangat penting sekali dalam pengendalian jumlah penduduk, karena 6-8% jumlah penduduk di Batam meningkat setiap tahunnya, sebutnya.

“Jika tidak terkendali, maka kita akan kekurangan air bersih, listrik dan masalah kesehatan, pendidikan dan lainnya,” ujar Erlita.

Ketua Umum Pelaksana kegiatan, dr. Deny Zulia dari Puskesmas Tanjung Buntung mengatakan dengan adanya Posbindu dan club Prolanis diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekitar, khususnya Lansia. 

“Pada hari ini kita juga mengadakan pemeriksaan Inspeksi Visual dengan Asam asetat(IVA) untuk pendeteksian kanker serviks, pelayanan KB gratis,  pengecekan gula darah dan pap smear,” sebutnya.

Pihaknya menargetkan jumlah peserta yang mengikuti pemeriksaan IVA 30 orang, pengecekan gula darah 100 orang, pemasangan KB IUD 30 orang serta Pap smear 50 orang.

Senada dengan itu, kepala dinas kesehatan kota Batam, Candra Rizal  menyebutkan kesehatan adalah segalanya. Dengan tubuh yang sehat kita bisa melakukan apa saja. 

“Oleh karenanya kita harus menjaga tubuh kita agar selalu hidup sehat,” imbuhnya.

Acara ini dihadiri Lurah Bengkong Laut, Kepala BKKBN Provinsi Kepulauan Riau, Lurah Bengkong Laut serta pengurus Pokja IV TP PKK Kota Batam serta Tokoh Masyarakat perumahan YKB.***