25 April 2024

Tim Penggerak PKK Kota Batam

WEBSITE RESMI TIM PENGGERAK PKK KOTA BATAM

Erlita Sari: “Sukseskan Program KB”

2 min read

Batam, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kabil kecamatan Nongsa menjadi lokasi pelayanan Keluarga Berencana (KB) Gratis yang digelar Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB (BP3PAdan KB) kota Batam, Selasa (10/5).

Wakil Ketua I Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) kota Batam, Erlita Sari Amsakar meninjau langsung kegiatan Penyuluhan dan Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Gratis bagi Pasangan Usia Subur (PUS) di kecamatan Nongsa ini.

Erlita yang dalam kunjungannya itu didampingi Camat Nongsa, Syamsuri, kepala Puskesmas Kabil, Dr. Dewi, ketua Pokja I TP PKK kota Batam, Mimi Herawaty beserta pengurus Pokja I dan Pokja IV TP PKK kota Batam melihat langsung pemasangan alat kontrasepsi Implant dan Spiral (IUD) kepada calon akseptor.

Dalam bincang-bincang singkatnya bersama calon akseptor, Erlita berpesan  agar dapat ikut mensukseskan salah satu program pemerintah yaitu ber KB, untuk meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak, mengatur jarak kelahiran anak dan menekan jumlah pertumbuhan penduduk khususnya di daerah Batam.

“Dengan mengikuti program KB kita berharap nantinya akan tercipta penduduk yang berkualitas dan sumber daya manusia yang bermutu,” ujar Erlita.

Istri Wakil Walikota Batam inipun menyampaikan terima kasih kepada jajaran Puskesmas Kabil atas pelayanan serta dukungan yang diberikan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

Antusias warga terlihat dari banyaknya jumlah calon akseptor yang datang mendaftar untuk mendapatkan layanan KB gratis. Dari data yang ada tercatat sebanyak 57 calon akseptor KB baru yang mendaftar. 30 orang calon akseptor memilih jenis alat kontrasepsi IUD dan Implant.

Sutiah, salah seorang akseptor KB baru Implant mengatakan, dirinya memilih KB implant karena menurutnya jenis KB implant adalah KB yang nyaman.

“Saya merasa nyaman dan aman dengan KB Implant. Ini sudah yang kedua kali saya pasang dengan jarak 3 tahun,” ujar ibu yang masih memiliki anak balita berumur 3 tahun ini.

Sampai hari ini kegiatan layanan KB gratis  sudah Sembilan kali dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui BP3A dan KB kota Batam.  Sebelumnya, kegiatan serupa telah digelar di delapan kecamatan lainnya.

“Kecamatan Sekupang dua kali, Sagulung, Batu Aji, Belakang Padang, Sei Beduk, Galang, Bengkong dan hari ini di kecamatan Nongsa,” sebut Evi Murni, Kasubid. KB BP3Adan KB kota Batam.

Sebagaimana pada layanan sebelumnya, kali ini pihaknya juga memberikan layanan KB gratis untuk metode kontrasepsi jangka pendek seperti Pil, Suntik dan Kondom serta metode kontrasepsi jangka panjang, IUD dan Implant, jelasnya lagi.***