29 April 2024

Tim Penggerak PKK Kota Batam

WEBSITE RESMI TIM PENGGERAK PKK KOTA BATAM

Sambut Tahun Baru 1440 Hijriah dengan Meningkatkan Iman dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT

2 min read

Batam, Menyambut Tahun Baru 1440 Hijriah, Pembinaan Ahlak Mulia yang rutin diselenggarakan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Batam mengangkat tema tentang Intropeksi Diri dan Meningkatkan Iman dan Taqwa. Pembinaan ahlak mulia pada Minggu (27/8) dilaksanakan di Masjid Nurul Huda, Tanjung Sengkuang, kecamatan Batu Ampar. Dalam sambutannya, Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Kota Batam, Erlita Sari Amsakar menuturkan kegiatan Pembinaan Ahlak Mulia ini selain menambah ilmu dan wawasan juga sebagai wadah untuk meningkatkan silaturahmi.

Melalui tema yang diusung, menurutnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, seperti melakukan shalat lima waktu, membaca Al’quran serta datang ke majelis taklim.

“Shalat menjadikan kita agar menjadi insan yang lebih baik dan membimbing kita ke jalan yang benar dan diridhoi oleh Allah SWT. Dengan membaca Al’quran maka akan menjadi panduan agar hidup lebih baik dan pikiran pun menjadi lebih tenang,” katanya.

Ceramah agama siang itu disampaikan oleh ustazd Agus Lukman Hakim yang mengatakan saat ini sudah berada dipenghujung 1439 hijriah, bulan Dzulhizah, bulan terakhir di kalender Hijriah. Dipenghujung Tahun Hijriah maka sebagai umat muslim harus melakukan intropeksi diri dan meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

“Muhasabah, meneliti diri sendiri dengan sejujurnya, apa yang telah dilakukan selama setahun. Apakah lebih banyak amal baik atau amal buruk. Jika hasil muhasabah lebih banyak amal abik maka kita bersyukur dan jangan merasa puas dengan amal soleh kita. Kita berharap dan berdoa kepada Allah agar diberi umur yang panjang agar kita bisa beribadah,” paparnya.

Ia menyampaikan ada empat perkara yang diberi kebaikan dan kebahagian yang diperoleh diakhirat. Pertama jika lisan yang digunakan untuk berdzikir kepada Allah, menyebut asma Allah, mengucapkan kalimah tayibah bukan lisan untuk mengadu domba orang. Selanjutnya, badan yang sabar menerima cobaan yang diberikan oleh Allah. Memiliki tetangga yang baik, mukmin dan sholeh yang selalu menolong kita. Selanjutnya memiliki hati yang selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.

Kegiatan pembinaan ahlak mulia dihadiri oleh Camat Batuampar, Tukijan, lurah se kecamatan Batu Ampar, pengurus TP PKK Kota Batam, Ketua TP PKK Kecamatan dan kelurahan se kota Batam, pengurus Dharma Wanita Persatuan Kota Batam serta pengurus dan anggota PKK kecamatan se kota Batam.