27 April 2024

Tim Penggerak PKK Kota Batam

WEBSITE RESMI TIM PENGGERAK PKK KOTA BATAM

2 min read

Tanjung Pinang, Tim Penggerak PKK Kota Batam Juara Pertama Lomba Masak Serba Ikan kategori Menu Keluarga yang terdiri dari 3 kategori yaitu Menu Balita, Menu keluarga dan Kudapan. Yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri di Dompak, Kantor Gubernur Kepulauan Riau, Tanjung Pinang, Kamis (02/08). Yang dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Kepri, Isdianto

Wakil Ketua I TP PKK Kota Batam, Erlita Sari Amsakar mendampingi kader PKK Kota Batam mengikuti kegiatan  ini yang juga dibarengi dengan Lomba Cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) yang diselenggarakan Dinas Pertanian, Kehutanan dan Peternakan Provinsi Kepri di lokasi yang sama.

Ketua Panitia, Ahmad Izhar melaporkan kegiatan Lomba Masak Ikan dan Lomb Cipta Menu B2SA Tingkat Provinsi Kepri diselenggarakan oleh 2 (Dua) Dinas secara bersamaan yaitu Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Riau dan Dinas Pertanian, Kehutanan dan Peternakan Provinsi Kepri yang diikuti oleh 7 (Tujuh) Kabupaten/Kota se -Kepri.

Sebelumnya Penasehat TP PKK Kepulauan Riau, Norliza Nurdin menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan masakan dari wilayah Kepri yang tidak kalah dengan provinsi lainnya. Sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat lebih baik lagi kedepannya berinovasi melahirkan menu – menu yang beragam tetapi tidak mengurangi gizi, kehigenisannya dan keamanan makanan yang disajikan.

Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto menyampaikan bahwa Kepulauan Riau ini adalah provinsi yang memiliki potensi ikan dan makanan laut yang sangat besar sehingga potonsi ini dapat dimanfaatkan untuk mensejahterahkan masyarakat dengan meningkatkan gizi dalam tumbuh kembang. Hal inilah yang harus sama – sama dimanfaatkan sebagai jati diri dari kabupaten dan kota yang berada diwilayah Kepri.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat mengedukasi masyarakat sehingga masalah gizi buruk, stunting (pertumbuhan anak yang lamban akibat kekurangan gizi dan lingkungan yang tidak sehat) dapat dikurangi dan dihambat pertumbuhannya diseluruh wilayah Kepulauan Riau.

“Dengan banyaknya menu – menu beragam yang dikreasikan pada perlombaan ini dapat menjadi resep baru yang dapat dimanfaatkan masyarakat sehingga tidak terjadi lagi gizi buruk dan stunting yang saat ini menjadi isu nasinonal yang harus sama – sama kita carikan solusinya’ ujar Isdianto.

Adapun para pemenang pada kegiatan ini adalah Lomba Masak Serba Ikan Kategori Menu Keluarga Juara I Kota batam dengan nilai 82.50, Juara II Kabupaten bintan dengan nilai 82.00 dan Juara III Kabupaten Anambas dengan nilai  77.80.

Kategori Menu Balita Juara I Kabupaten Bintan dengan nilai 81.75, Juara II Kabupaten Lingga dengan nilai 77.20 dan Juara II Kota Tanjung Pinang dengan nilai 77.00

Kategori Kudapan Juara I Kabupaten Tanjung Balai Karimun dengan nilai  82.5, Juara II Kabupaten Bintan dengan nilai 80.0 dan Kabupaten Natuna dengan nilai 77.80. Kabupaten Bintan ditetapkan sebagai juara umum dengan total nilai 243.75.

Selanjutnya untuk Lomba Cipta Menu B2SA Juara I Kabupaten Bintan dengan nilai 80.87, Juara II Kabupaten Tanjung Balai Karimun dengan nilai 74.9, juara III Kabupaten Anambas dengan nilai 73.54 dan Harapan I Kabupaten Natuna dengan nilai 73.48.