4 Maret 2024

Tim Penggerak PKK Kota Batam

WEBSITE RESMI TIM PENGGERAK PKK KOTA BATAM

Periksa Kanker Payudara Dengan Teknik “SADARI”

2 min read

Batam, Wakil Ketua I Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Batam, Erlita Sari Amsakar menghimbau agar para perempuan di Kota Batam dapat mendeteksi kanker payudara sedini mungkin. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan teknik periksa payudara sendiri “SADARI”. Hal ini disampaikan Erlita usai mengikuti seminar awam Tetap Muda dan Berkualitas Menerapkan Konsep “Anti Aging Medicine” yang diselenggarakan Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam, Sabtu (25/8) di Hotel Harris Batam Centre. Ia juga mengapresiasi seminar ini karena materi yang dipaparkan sangat bagus dan bermanfaat bagi perempuan.

“Tema seminarnya sangat bagus. Bagaimana menjadikan kita sehat, lebih awet muda. Insyaallah bisa dipraktekkan sendiri di rumah, terutama SADARI. Mari kita periksakan diri sedini mungkin untuk mencegah kaner payudara dan kanker serviks,” Imbaunya.

 Materi “Tetap Sehat, Tetap Muda Bebas Dari Kanker Payudara dan Mulut Rahim” disampaikan oleh Dr. dr. Anak Agung Ayu Ngurah Susraini, SpPA.K. Ia mengatakan SADARI adalah cara mudah untuk mendeteksi kanker payudara sedini mungkin. Pemeriksaan ini dapat dilakukan sendiri dan sebaiknya dilakukan satu minggu setelah periode haid, pada saat payudara mulai melunak.

“Lakukan pemeriksaan dengan cermat pada seluruh bagian payudara, semua bagian dapat terkena kanker payudara. Apabila merasakan ada yang berbeda dari biasanya, segera hubungi dokter untuk mengonsultasikan hasil SADARI yang telah dilakukan,” paparnya.

Sementara itu Prof. Dr.dr. Wimpie Pangkahila menyampaikan materi “Kiat tetap muda, sehat dan berkualitas. Ia menjelaskan anti aging medicine bukan hanya sekedar perawatan wajah, melainkan hidup harus berkualitas dan kualitas hidup dipertahankan dengan kondisi fisik dan psikis. Untuk mencapai itu bisa dilakukan dengan olahraga teratur, hidup sehat, menghindari stress, menjaga keseimbangan dengan relaksasi, melakukan pekerjaan sebagai kesenangan, selalu berpikir positif dan optimis serta tidak menggunakan obat atau ramuan yang tidak memiliki dasar ilmiah.

“Anti aging medicine ini bagaimana kita cantik tidak diluar saja tapi juga di dalam. Usia kronologis sesuai akte dan ini tidak penting karena yang penting itu usia fisiologis atau fungsi organ tubuh kita,” paparnya.

Direktur RS Awal Bros yang diwakili Manager Pengembangan Bisnis RSAB, Dr. Sinta Tri Lusita, Mars mengatakan seminar ini menghadirkan lima pembicara yaitu Prof. Dr.dr. Wimpie Pangkahila, SpAnd, Prof. Dr. dr. Alex Pangkahila, Dr. dr. I Wayan Wetra, MS, SpGk, , Dr. dr. AAGP Wiraguna, SpKK. Ia mengatakan RSAB tidak hanya memikirkan soal kesehatan tapi juga memiliki beuty klinik dengan dokter ahli dan peralatan yang canggih.

“Banyak pasien beuty klinik dari Singapura dan Johor Malaysia. Mencegah penuaan tidak hanya dai luar tapi dari dalam. Pagi ini kita dapat ilmu yang sangat lengkap semoga bermanfaat dan dapat sharing dengan rekan,” jelasnya.