26 April 2024

Tim Penggerak PKK Kota Batam

WEBSITE RESMI TIM PENGGERAK PKK KOTA BATAM

MEMPERINGATI HARI KARTINI PKK KOTA BATAM LAKSANAKAN PEMERIKSAAN IVA GRATIS

2 min read

Batam, Dalam memperingati Hari Kartini 2018 Dinas Kesehatan Kota Batam bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Batam menyelenggarakan Sosialisasi IVA (Inspeksi Visual Asam asetat), Pemeriksaan IVA Gratis di ikuti 350 orang di 6 Puskesmas se – Kota Batam. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi, Sabtu (21/04).

Marlin beserta rombongan mengunjungi 3 Puskesmas yaitu Puskesmas Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong, Puskesmas Kampung Jabi, Kecamatan Nongsa dan Puskesmas Sungai Lekop, Kecamatan Sagulung.

Di Puskesmas Tanjung Buntung Kegiatan ini juga disejalankan dengan lomba Fashion Show, Tata Rias Wajah dan Perlombaan Menghias Tumpeng, yang diikuti oleh pengurus PKK Kecamatan Bengkong.

Marlin dalam sambutannya mengapresiasi semangat masyarakat Bengkong dalam memperingati Hari Kartini dengan melaksanakan kegiatan – kegiatan positif. Beliau juga meminta para ibu – ibu untuk lebih sadar akan kesehatan karena perempuan sangat rentan akan kanker baik kanker Rahim, Serviks dan Kanker Payudara.

Beliau mengharapkan dengan diselenggarakannya Sosialisasi dan Pemeriksaan IVA ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan kepada perempuan agar dapat mengidentifikasi dari awal sehingga bisa diobati secepatnya. Kebanyakan para pengidap kanker khususnya kanker serviks dan kanker payudara terindetifikasi setelah stadium lanjutan, dimana kebanyakan pengidapnya tidak dapat diselamatkan.

“Saya rajin ibu – ibu pemeriksaan pap smear dan kesehatan, karena saya yakin kalau kita para ibu sehat anak – anak dan suami semuanya akan terawat dengan baik” ujar Marlin sambil memberikan semangat

Marlin juga melihat antusias masyarakat mengikuti kegiatan ini menunjukkan semakin sadarnya masyarakat khususnya perempuan akan kesehatan mereka dan keluarga. Beliau juga meminta bila ada yang terindetifikasi setelah pemeriksaan IVA Gratis ini agar ditangani dengan cepat dan diberikan pelayanan sehingga dapat dicegah penyebarannya.

“Saya minta dinas kesehatan bila ada yang positif segera di proses dan diberi pelayanan sehingga dapat diobati dan diberi pertolongan secepatnya” pinta marlin.

Dinas Kesehatan Kota Batam menargetkan untuk Bulan April 2018 ini akan dilaksanakan kegiatan pemeriksaan IVA gratis untuk 1.150 orang se – Kota Batam. Kegiatan ini juga mendukung Program Indonesia Sehat (PIS) merupakan salah satu program dari agenda ke5 Nawacita; yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.

Marlin beserta para bidan dan petugas medis meninjau langsung pemeriksaan IVA dan menyemangati para ibu – ibu yang mengikuti pemeriksaan.

“Kartini zaman sekarang harus sehat ya ibu – ibu” Pamit Marlin sembari meninggalkan ruang pemeriksaan.